Seminggu, PNS Banjarnegara Kenakan Batik

BANJARNEGARA – Selama seminggu mulai Senin (5/10) hingga Sabtu (10/10), seluruh PNS di Banjarnegara wajib mengenakan pakaian Batik. Hal ini sebagai wujud syukur dikukuhkannya Batik sebagai warisan budaya tak benda milik Indonesia oleh UNESCO, Jumat (2/10) di Abu Dhabi, Emirat Arab.


Tidak seperti kabupaten lainnya yang telah mulai mewajibkan pakaian batik untuk PNS sejak Kamis atau Jumat lalu, Banjarnegara memang baru mencangkan mulai Senin esok. Menurut Kepala Bagian Organisasi Setda Banjarnegara Rahmawati, BA sejauh ini memang kami belum menerima instruksi resmi dari Depdagri maupun Gubernur mengenai kewajiban berpakaian batik bagi PNS. Namun sejak dicanangkannya tanggal 2 Oktober lalu sebagai Hari Batik Nasional oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono, Pemkab Banjarnegara berinisiatif mewajibkan pemakaian batik pada PNS selama seminggu ke depan.

“Yang penting dari peringatan ini bukan sekedar seremonial semata, tapi bagaimana upaya kita nguri-uri batik, apalagi sekarang UNESCO sudah mengakui batik itu milik Indonesia,” jelas Rahma. Pihaknya bahkan sudah lama mewacanakan beberapa langkah strategis untuk menyelamatkan warisan budaya nenek moyang yang luhur ini.

“Terutama karena kita punya sentra batik di Gumelem yang kondisinya masih memprihatinkan. Kami dari Bagian Organisasi memiliki wacana agar Peraturan Bupati tentang pakaian dinas untuk ditinjau ulang, misalkan setiap hari Kamis hingga Sabtu mengenakan batik, dan kalau bisa itu harus Batik Gumelem,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan dinas-dinas terkait termasuk dengan pihak Kecamatan Susukan, sebagai tuan rumah. Citra Batik Gumelem yang cenderung mahal karena didominasi batik tulis, akan mencoba dibuat lebih “merakyat” dengan meningkatkan produksi batik printing (batik-cap) agar harganya lebih terjangkau, terutama bagi PNS golongan rendah.

“Kami juga koordinasi dengan koperasi pegawai negeri, agar sebisa mungkin menyediakan batik gumelem dengan sistem pembayaran mengangsur potong gaji, sehingga memudahkan para PNS memiliki batik kebangggan Banjarnegara ini,” ujar Rahma. (s-tea/BNC)

http://banyumasnews.com/2009/10/03/seminggu-pns-banjarnegara-kenakan-batik/

 

Fast Respon

Telepon/SMS/WA: 081333102020
BBM: 7A15EEAC

Cek resi pengiriman

Translate