Jenis-Jenis Batik

Batik merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia, yang selalu mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Pada awalnya batik hanya dibuat oleh para penggrajin dengan alat lukis/tulisnya berupa canting, namun seiring waktu jenis batik menjadi beraneka ragam.

Macam-macam jenis batik adalah:


1. BATIK TULIS 
Batik tulis merupakan awal perkembangan kesenian “mbatik”. Batik tulis merupakan batik yang dibuat oleh para pengrajin (mulanya hanya wanita) dengan menggunakan alat canting dan malam (lilin batik). Canting yaitu alat yang terbuat dari bahan tembaga, terdiri dari tempat untuk menampung malam dan memiliki ujung berupa saluran kecil sebagai tempat keluarnya malam. Batik tulis merupakan batik yang pembuatannya memakan waktu lebih lama, oleh karena itu batik tulis dikenal dengan originalitas, kualitas, kemewahan dan keindahannya. 

Batik tulis memiliki keunikan tersendiri dibandingkan batik lainnya, antara lain: 
Merupakan lukisan asli para pengrajin batik, sehingga desain/gambar pada batik tulis tidak ada pengulangan yang jelas sehingga gambar tampak lebih luwes. 
Gambar pada batik tulis dapat dilihat pada kedua sisi kain (tembus bolak-balik), dengan warna dasar kain lebih muda dari pada warna goresan motif. 
Harga jual batik tulis relatif lebih mahal. 

2. BATIK CAP 
Batik cap mulai dikembangkan di Indonesia sekitar pertengahan abad ke-19Perbedaan batik cap dari batik tulis lebih dikhususkan pada alat yang digunakan untuk membatik. Pada batik tulis digunakancanting cap, yaitu sebuah alat semacam stempel besar yang telah digambar pola batik. Pada umumnya pola pada canting cap ini dibentuk dari bahan dasar tembaga atau besi. Dari jenis produksi batik cap ini, pembatik bisa menghemat tenaga, dan tak perlu menggambar pola atau desain di atas kain. Akan tetapi karena biasanya diproduksi dalam jumlah banyak dan memiliki kesamaan menjadikan batik cap kurang eksklusif dan tidak unik. 

Jika dibandingkan dengan batik tulis, maka batik cap memiliki ciri berikut: 
  • Desain/gambar batik cap selalu ada pengulangan yang jelas. 
  • Gambar batik cap biasanya tidak tembus pada kedua sisi kain. 
  • Waktu pengerjaan lebih singkat, berkisar 1 sampai 3 minggu. 
  • Harga jual batik cap lebih murah. 

3. BATIK PRINT 
Batik print merupakan salah satu jenis batik yang paling muda dilihat dari perkembangannya. Saat ini batik print merupakan batik yang memiliki produktivitas paling tinggi dibanding batik cap dan batik tulis. 

Pada intinya teknik pembuatan batik print relatif sama dengan produksi sablon. Jenis batik ini dapat diproduksi dalam jumlah besar karena tidak melalui proses penempelan lilin dan pencelupan seperti batik pada umumnya, hanya saja motif yang dibuat adalah motif batik. Oleh karena itu batik print lebih dikenal sebagai kain bermotif batik.

 

Fast Respon

Telepon/SMS/WA: 081333102020
BBM: 7A15EEAC

Cek resi pengiriman

Translate