Promo Pem Prov Jawa Tengah


Batik Gumelem

Sesuai namanya, batik tulis Gumelem banyak dikembangkan di Desa Gumelem, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, yang berjarak sekitar 45 kilometer sebelah barat Kota Banjarnegara.

Meskipun seni batik tulis banyak dikembangkan di berbagai daerah, batik tulis Gumelem memiliki beberapa keunikan, di antaranya desain batik tanpa pengulangan sehingga gambar tampak lebih luwes dan merupakan goresan tangan asli pengrajinnya.



Selain itu, warna dasar kain lebih muda dari warna motif sehingga desain batik tampak tembus atau dapat dilihat dari kedua sisinya. Sejumlah motif yang tersedia antara lain merak kembangan, ireng blabur, dunia baru tutulan, jagatan tutul baru, kembangan, dan jagad sogan.

Batik tulis Gumelem yang beraneka warna ini sangat cocok digunakan dalam suasana santai maupun resmi di perkantoran (seragam) dan berbagai kegiatan. Harganya pun relatif murah, yakni berkisar antara Rp170.000 hingga Rp190.000 per lembar.

Setelah berkeliling di Kabupaten Banjarnegara, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk melongok Sentra Batik Gumelem yang berada tak jauh dari jalur poros tengah Jawa Tengah yang menghubungkan Banyumas dan Secang.


 

Fast Respon

Telepon/SMS/WA: 081333102020
BBM: 7A15EEAC

Cek resi pengiriman

Translate